Hari Santri Nasional 2021

02 November 2021
20:13:16 WIB

Berdasarkan segala pertimbangan, Hari Santri ditetapkan pada 22 Oktober oleh Presiden Joko Widodo dengan Kepres Nomor 22 Tahun 2015 . Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri ditandatangani Presiden Jokowi pada tanggal 15 Oktober 2015. Pengembangan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah yang diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) perlu direncanakan secara cermat dan terarah tujuannya. Kegiatan Hari santri di SMP Qur’an Ma’had As-Salaam merupakan program dari lembaga OSIS/AQSO yang bertujuan untuk mengenang, meneladani dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam mempertahankan NKRI serta berkontribusi dalam pembangunan negeri. Dengan demikian, Kegiatan Hari Santri” bagi santriwati dan santriwan SMP Qur’an Ma’had As-Salaam merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada seminar yang bertema  Detox your mind, happiness start with you”.

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah mengenang jasa para ulama dan santri pada masa perjuangan kemerdekaan, menumbuhkan semangat nasionalisme , dan supaya santri lebih mengenal dirinya. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah semua santri mahad assalaam tahun pelajaran 2021/2022 dari kelas 7 sampai kelas 9. Kegiatan tersebut dilaksanakan di masjid ikhwan dan akhwat secara bersamaan pada hari jum’at tanggal 22 oktober 2021.

Kegiatan hari santri ini diawali dengan upacara bersama di lapangan ikhwan dan akhwat. Pembina untuk upacara ikhwan adalah Ust. Muhammad fathullah, S.HI sedangkan pembina upacara akhwat adalah KH. Agus Salim, L.c. Dalam pemaparannya ust fathullah dan Ust Agus salim mengingatkan para santri akan jasa dan perjuangan ulama dan santri pada zaman kemerdekaan, disamping itu beliau juga memberikan semangat untuk para santri agar lebih giat dalam belajar supaya dapat meneruskan perjuangan para ulama yang sudah tiada.

Kegiatan dilanjutkan dengan seminar yang dilaksnakan di masjid ikhwan dan akhwat. Pemateri untuk masing – masing adalah Bapak Agung Rido Harmoko, S. Psi., MM., MH. Untuk ikhwan dan Ibu Retno Lelyani Dewi, S.Psi., M.Pd. untuk pemateri seminar di akhwat. Dalam seminar yang mengangkat tema tentang edukasi seksual, pemateri menyampaikan tentang perubahan yang dialami oleh laki-laki dan perempuan pada saat akil baligh dan bagaimana mengikapi hal tersebut dengan benar.

Setelah acara seminar selesai, kegiatan berlanjut dengan sholat jum’at bersama dan pembagian jum’at berkah yang disponsori oleh komite sekolah. Dalam kegiatan jum’at berkah ini, dibagikan makanan secara gratis kepada seluruh santri dan dewan guru asatidzah Ma’had Assalaam Litahfidzil qur’an yang sekaligus sebagai acara penutup rangkaian acara hari santri tahun 2021.

Video Terkait:

Share



0 Komentar

    Form Komentar