fbpx

Bukan hanya murid yang melakukan evaluasi/asesmen dan menerima hasil evaluasi atau yang biasa disebut rapor, namun satuan pendidikan juga perlu melakukan evaluasi dan menerima hasil asesmen tersebut untuk pengembangan mutu sistem pendidikan yang diselenggarakan.

Dilansir dari laman ditsmp.kemdikbud.go.id, Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan Pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data. Satuan pendidikan dapat melihat secara detail elemen-elemen per dimensi, sehingga dapat menggali kondisi capaian dan proses pembelajaran di tempat masing-masing.

Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi dan pelatihan terkait cara membaca data hasil asesmen dan cara menganalisis data tersebut. Pelatihan “Rapor Pendidikan” ini dilaksanakan pada tanggal 18 November 2023 di Auditorium Masjid As-Salaam Litahfidzil Qur’an dengan narasumber yaitu H. Totoy Fadillah, S.Sn., M.Pd., selaku Pengawas Pembina SMP Dinas Pendidikan Kab. Bogor. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPQu As-Salaam, Ustadzah Khikmatul Munawaroh, S.Pd., serta Wakil Ketua Yayasan, H. Mochamad Suroso, S.Pd.I., yang memberikan sambutan dan pengarahan sekaligus membuka acara.

Selain pemaparan dari narasumber, para peserta juga diminta secara berkelompok berdiskusi tentang cara menanggulangi nilai-nilai yang rendah pada beberapa topik asesmen dari indikator hasil asesmen. Data ini nantinya dapat dipergunakan satuan pendidikan untuk mengatur strategi dan pengembangan metode pendidikan untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global sebagaimana visi misi Presiden Republik Indonesia.

Kategori: BERITA

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *