fbpx

Mukhoyyam Tarbawi atau Super Camp merupakan acara perkemahan tahunan yang diadakan oleh Ma’had As-Salaam Litahfidzil Qur’an bagi seluruh kelas 8 SMP Qur’an As-Salaam. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 5-6 Februari 2024 di Taman Agrowisata Leuwi Pangaduan, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Alhamdulillah cuaca pada saat keberangkatan cukup cerah dan sesmpainya di lokasi, para peserta melangsungkan upacara pembukaan dipandu oleh Pembina Ekstrakurikuler Pramuka.

Pada upacara pembukaan ini dihadiri oleh Pembina Upacara yaitu KH. Agus Salim, Lc., selaku Mudir Ma’had As-Salaam Litahfidzil Qur’an sekaligus membuka acara dengan simbolis penyematan tanda peserta. Kegiatan selanjutnya diisi dengan merapikan barang-barang di tenda, serta pemberian materi. Materi di bagian Akhwat diisi oleh Ustadz Salehoddin dengan isi materi yaitu Survival, serta di bagian Ikhwan diisi oleh Ustadz Ahmad Zaki Mubarok, M.Pd. dengan isi materi yaitu Kepemimpinan. Setelah ishoma, para peserta seraca regu berkumpul di lapangan untuk lomba yel-yel dan PBB. Kemudian setelah sholat Ashar, masing-masing regu membagi pesertanya menuju 3 pos lomba, yaitu Pengetahuan Umum Pramuka, Pionerin Bendera dan Tandu, serta Memasak. Setelah itu para peserta menikmati hasil masakan regu masing-masing. Seusai sholat maghrib, para peserta tadarus Al-Qur’an, serta pemberian materi kedua yaitu Survival di bagian Ikhwan, dan materi Kepemimpinan di bagian Akhwat. Setelah materi, para peserta berkumpul di lapangan utama untuk prosesi Api Unggun. Pada momen api unggun, setiap regu maju untuk menampilkan yel-yel masing-masing.

Keesokan harinya, para peserta dibangunkan pukul 03.00 WIB untuk melaksanakan sholat tahajud. Kemudian dilanjutkan sholat subuh dan senam pagi. Setelah itu sarapan, dan bersiap outbound secara bergilir (peserta Ikhwan terlebih dahulu dilanjut peserta Akhwat). Adapun perlengkapan outbound sudah tersedia di lokasi acara, antara lain rayapan, rangkaian jembatan, tali berayun, serta papan seluncur. Setelah selesai outbound, para peserta bermain air di sungai dan air terjun mini yang ada di area belakang sekaligus membersihkan diri dari lumpur. Setelah itu para peserta mandi dan packing. Namun dikarenakan turun hujan, acara penutupan dilangsungkan di aula masing-masing. Sekitar pukul 15.30 WIB rombongan peserta mulai meninggalkan lokasi acara dan kembali ke Ma’had.

Kategori: BERITA

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *