Santri kelas 8 Pesantren melaksanakan kegiatan Mukhoyyam Tarbawi atau Super Camp pada Jumat-Sabtu, 17-18 Januari 2025, bertempat di Taman Agrowisata Leuwi Pangaduan, Sentul, Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian, kedisiplinan, kerja sama, serta mempererat ukhuwah di antara para santri.

Acara dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Pengasuh Pesantren, K.H. Agus Salim, Lc. Dalam amanahnya, beliau menyampaikan pentingnya menjaga semangat kebersamaan dan nilai-nilai Islami selama kegiatan berlangsung. Upacara pembukaan ini dilanjutkan dengan lomba yel-yel yang penuh semangat serta perlombaan Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris (LKBB) yang menampilkan kekompakan para peserta.

Setelah itu, santri putra melaksanakan sholat Jumat, sementara santri akhwat melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian tenda sebagai tempat istirahat selama mukhoyyam berlangsung, diikuti makan siang bersama. Setelah itu para peserta diberikan materi tentang Survival dan Kepemimpinan oleh Pembina. Setelah Sholat Ashar, berbagai aktivitas seru kembali digelar. Para perwakilan regu mengikuti lomba Pemanfaatan Ulang Peralatan Keseharian (PUPK), pioneering, dan semapore. Perlombaan ini dirancang untuk melatih kreativitas, kerja tim, serta kemampuan komunikasi yang efektif.

Keesokan harinya, para peserta melakukan senam, makan, dan dilanjut kegiatan Tracking. Kegiatan menyusuri berbagai jalur yang menantang tak menyulutkan semangat peserta. Puncak tujuan tracking kali ini yaitu Curug Cibingbin, tempat para peserta yang melepas lelah sejenak sambil mentadabburi cipataan Allah SWT yang menakjubkan. Kemudian peserta kembali ke tenda masing-masing dan bersiap kembali ke Ma’had. Semangat dan antusiasme masing-masing regu terlihat jelas di setiap kegiatan. Para peserta tidak hanya berlomba, tetapi juga saling mendukung satu sama lain, menciptakan suasana yang penuh kebersamaan.

Categories: BERITA

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *